RSS

Rabu, 09 Mei 2012

Jurusan Hubungan Internasional UPN " Veteran " Yogyakarta

Globalisasi merupakan fenomena kehidupan umat manusia sekarang dan masa mendatang. Fenomena tersebut berimplikasi pada meningkatnya interaksi antar masyarakat dunia, baik aktor negara maupun non-negara. Transaksi di bidang politik, hukum, ekonomi, pertahanan dan keamanan, sosial-budaya serta aspek-aspek lainnya menunjukkan intensitas yang semakin tinggi.



Adanya globalisasi peran penting diplomasi-negosiasi dan pertahanan-keamanan menjadi isu yang mengemuka. Peranan dunia diplomasi-negosiasi merupakan letak keberhasilan suatu aktor dalam menjalankan misinya dalam berbagai area transaksi, baik kepentingan publik maupun privat di wilayah domestik maupun internasional .

Selain diplomasi-negosiasi, isu pertahanan-keamanan merupakan isu strategis yang telah berlangsung lama. Pasca Perang Dingin konsep pertahanan-keamanan tidak lagi diartikan sebagai konflik atau kerjasama antara negara tetapi juga berpusat pada keamanan untuk masyarakat, seperti masalah ekonomi, pembangunan, lingkungan, hak-hak asasi manusia, konflik etnis dan masalah sosial lain. Kondisi tersebut membutuhkan kaum profesional yang yang memiliki kemampuan analisis yang mendalam terhadap situasi global dan skill yang memadai.

Berdasarkan kondisi tersebut Jurusan Ilmu Hubungan lnternasional, FISIP UPN 'Veteran" Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 6 September 1993 menawarkan keahlian berdasarkan kebutuhan jaman. Sejak berdirinya jurusan yang mendasarkan pada suasana kampus yang bersifat nasionalis atau multikultur ini mendapat kepercayaan dari masyarakat dan pemerintah. Kepercayaan masyarakat terlihat dari tingginya animo masyarakat yang menempuh pendidikan di lembaga ini dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dan berasal dari lintas agama atau etnis. Pengakuan pemerintah akan kualitas sistem pendidikan yang bermutu, dibuktikan dengan terakreditasinya Jurusan Ilmu Hubungan lnternasional, FISIP UPN Yogyakarta dengan nilai A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 07399/Ak-IX-SI-012/UPHIDI/VII/2005.

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional bertempat di Jl. Babarsari No. 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281, Telp. (0274) 7852600 ; (0274) 485268 Ext. 23, Email : hi_upnvy@yahoo.co.id

Kurikulum
Untuk mewujudkan kompetensi lulusannya, sejak September 2000 menetapkan dua konsentrasi studi, yaitu :
Diplomasi dan Negosiasi.
Konsentrasi ini memberi penguasaan teori, kemampuan analisis, ketrampilan praktis dunia diplomasi dan praktek negosiasi. Untuk mendukung sistem pengajaran yang berkualitas konsentrasi ini ditunjang oleh para praktisi, yaitu para diplomat senior dan praktisi diplomasi dari Departemen Luar Negeri serta sarana Laboratorium Diplomasi sebagai tempat praktek dan simulasi.
Pertahanan dan Keamanan.
Konsentrasi ini memantapkan mahasiswa dalam penguasaan teori dan kemampuan analisis dalam isu-isu pertahanan dan keamanan. Peningkatan kualitas konsentrasi ini dilakukan dengan jenjang pendidikan staf pengajar yang berpendidikan minimal S-2, serta praktisi di bidang pertahanan dan keamanan. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa disediakan Laboratorium Pertahanan dan Keamanan serta adanya kelompok kajian yang secara berkala mendiskusikan peristiwa-peristiwa aktual.

Staf Pengajar
Staf pengajar Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP UPN ”Veteran” Yogyakarta terdiri dari dosen luar biasa yaitu dari Universitas Kebangsaan Malaysia dan Universitas Gajah Mada, dosen tetap, serta Widyaiswara Departemen Luar Negeri Republik Indonesia. Untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang kasus-kasus aktual, secara intensif jurusan Ilmu Hubungan Internasional mengundang para akademisi dan praktisi dari dalam dan luar negeri pada seminar maupun stadium generale. 

Laboratorium
Untuk menunjang sistem pendidikan yang bermutu, Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki laboratorium-laboratorium dan pusat studi penunjang ketrampilan. Adapun laboratorium dan pusat studi yang ada : Laboratorium Diplomasi, Pertahanan dan Keamanan, Organisasi Internasional serta Laboratorium Bahasa Inggris

Kerjasama dan Magang
Kerjasama HI UPN Veteran Yogyakarta dilakukan dengan lembaga pendidikan dan dunia kerja. Kerjasama lembaga pendidikan antara lain dengan University Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Metro University Prague, Republik. Ceko.

Sebagai upaya untuk menjaga kesinambungan antara dunia pendidkan dengan dunia kerja, jurusan Ilmu Hubungan Internasional ”Veteran” Yogyakarta telah lama membina hubungan kerjasama yang berkelanjutan dengan berbagai instansi penting seperti : Departemen Luar Negeri, Kedutaan negara-negara asing, Kantor perwakilan lembaga internasional, Perusahaan Multi Nasional, serta Lembaga Swadaya Masyarakat.

Salah satu wujud kerja sama yang berhasil dan diakui berbagai kalangan adalah program magang (coop/intership). Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, FISIP UPN ”Veteran” Yogyakarta selama ini secara regular mengirimkan mahasiswa untuk melaksanakan program magang di beberapa institusi penting seperti UNIC (United Nations Information Center, Pusat Informasi PBB), Departemen Luar Negeri RI, Sekretariat ASEAN, beberapa Kedutaan Besar Negara Asing seperti Kedubes Thailand, PT. Freeport UNOCAL, Newmont dll.

Program magang ini kini sudah diakui sebagai salah satu bentuk pilihan dari mata kuliah KKN (Kuliah Kerja Nyata). Dalam perkembangannya program magang menghasilkan alumni yang relatif siap kerja. Para peserta magang memiliki bekal pengetahuan aktivitas dunia kerja, pengetahuan dan ketrampilan yang teraplikasikan dengan baik.

Kemampuan Berorganisasi. 
Kegiatan Kemahasiswaan merupakan tempat yang penting untuk meningkatkan kemampuan berorganisasi atau bakat. Di UPN ”Veteran” Yogyakarta terdapat 27 unit kegiatan mahasiswa (UKM) dalam bidang seni, keagamaan, sosial dan kemasyarakatan. Misalnya, Unit Kegiatan Paduan Suara, Pecinta Alam, Marching Band, Taekwondo, dll.

Unit kegiatan mahasiswa tersebut telah berhasil mendapatkan berbagai prestasi yang prestisius. Pada tingkat Fakultas aktivitas mahasiswa diwadahi dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (BEM) dan Senat Fakultas. Sementara pada tingkat jurusan ada Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI). HIMAHI UPN ”Veteran” Yogyakarta.

Pada tahun 2005 yang lalu lembaga kemahasiswaan ini berhasil menyelenggarakan pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional yang ke-16 (PNMHIXVI) di Yogyakarta.

Bea Siswa
Untuk mewujudkan diri sebagi Universitas yang terbuka bagi semua kalangan ekonomi, dan mendorong prestasi mahasiswa UPN ”Veteran” Yogyakarta menyediakan berbagai macam bea siswa dari : UPN ”Veteran” Yogyakarta, Departemen Pertahanan dan Keamanan, Yayasan Supersemar,Yayasan Maju Kerja/Yamaker,Dharma Pertiwi dan Kopertis Wilayah V Yogyakarta. 

Alumni
Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, FISIP UPN ”Veteran” Yogyakarta telah menghasilkan alumni yang berhasil memasuki dunia kerja sesuai dengan keahlian dan ketrampilan yang dimiliki. Di antaranya bekerja pada Departemen Luar Negeri RI, Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), akademisi, media massa, dunia perbankan, perusahaan multi nasional, lembaga swadaya masyarakat serta bidang-bidang yang lain.